November 5, 2012

Virtual Reality VS Augmented Reality

What's in your mind when I say video games? Iron Man? Wii? or Nintendo?
Hmm, buat gw, when I hear those things, I can imagine a set of cool technologies that make us possible to see or to feel something that doesn't really exist in the real world. Teknologi itu...super...keren ya *.*

Oke, sekarang kita bahas kenapa di awal gw menyebutkan hal-hal yang berbau dan beraura canggih seperti itu. Readers tau ga, or at least, pernah denger ga mengenai 'Virtual Reality' dan 'Augmented Reality'? 
Nah, kalau belum, gw akan memberikan sedikit gambaran mengenai virtual reality dan augmented reality yang bisa kita temui di sekitar kita. Video games jaman sekarang, Wii, layar-layar virtual, dan berbagai perangkat lain seperti itu merupakan salah satu hasil olahan virtual reality dan augmented reality. Apa sih itu sebenarnya?


Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Secara sederhana, Virtual Reality adalah pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang dibangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu, misalnya sarung tangan khusus, earphone, dan kacamata khusus yang terhubung dengan komputer dan sistem yang di dalamnya  Ciri terpentingnya adalah dengan menggunakan perangkat yang dirancang untuk tujuan tertentu, teknologi ini mampu menjadikan orang yang merasakan dunia maya tersebut terkecoh dan yakin bahwa yang dialaminya adalah nyata. Virtual Reality mengacu pada penggabungan dari objek dunia nyata ke dunia digital/maya.

Salah satu contoh aplikasi virtual reality yang digunakan pada saat ini yaitu dalam bidang militer. Virtual reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun payung. dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biaya dan waktu. Selain itu, game-game seperti Wii dan Nintendo juga merupakan aplikasi lain dari virtual reality.

Readers, yuk sekarang kita beralih ke Augmented Reality.
Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan dua dimensi atau tiga dimensi di dalam suatu lingkungan nyata. Berbeda dengan virtual reality yang seutuhnya menggantikan lingkungan nyata, Augmented Reality hanya melengkapi atau menambahkan objek dalam suatu lingkungan nyata

Ga kebayang? Coba deh Readers ingat-ingat film Iron Man, dimana di film itu, Tony Starks sering ngutak ngutik layar monitor yang kita ga tahu di mana keberadaannya dan tiba-tiba saja layar-layar itu nongol dan mengambang di udara, lalu bisa disentuh dan  lantas menghilang kalau sudah selesai dipakai.
Di situ, kelihatan jelas bahwa layar-layar monitor itu merupakan sekumpulan set grafis 3 dimensi yang dihadirkan ke dalam lingkungan nyata, dan bukan manusia (dan lingkungan nyata) yang masuk ke dalam lingkungan virtual imajinasi.

Mungkin dengan video di bawah ini, dapat lebih memberikan gambaran mengenai augmented reality : 



So, that's a piece Information I can share about Virtual Reality & Augmented Reality. Hopefully it may be useful! :)

No comments:

Post a Comment