January 27, 2013

07 PAW's Human Computer Interaction (Interaksi Manusia Komputer)

Kalo denger tentang Interaksi Manusia & Komputer, kayaknya serasa kita udah lumayan ngerti karena (pada umumnya) kita sudah biasa ngalamin ya, guys, menggunakan gadget-gadget seperti komputer, laptop, handphone, and so on. 

Pas pertama kali mendapatkan kuliah Interaksi Manusia Komputer di 07PAW, I felt so enthusiastic! Karena gw expect untuk mendapatkan banyak hal yang sangat berguna di mata kuliah ini. In my expectations, gw berharap bisa belajar banyak dalam mengembangkan suatu aplikasi/program komputer supaya aplikasi tersebut bisa mencapai suatu titik di mana user bisa berkomentar "Wah, ini aplikasi bagus nih" :D

Ternyata, sekarang, setelah 1 semester a.k.a 13 minggu pertemuan belajar Interaksi Manusia Komputer, my expectations are fulfilled! Thanks to God, lecturer, and my dearest friends! Lewat kuliah ini, gw belajar mengenai ilmu, tips, dan panduan-panduan dalam mengembangkan suatu aplikasi supaya bisa lebih menarik dan user-friendly. Wawasan pun bertambah, karena di kuliah ini, dikasih tugas-tugas yang berguna dan menambah ability kita dalam bidang ini. Tugas-tugas membangun itu antara lain : mahasiswa diminta untuk membuat blog dan mengupdate isi blognya sesuai dengan topik-topik relevan dan informatif yang ditentukan. I think this kind of task is useful and knowledge-broadening. Karena kita diminta untuk menulis suatu blog mengenai suatu topik yang (mungkin) tadinya kita ga tau sama sekali, tapi setelah menulis blog, kita jadi sedikit banyak paham tentang hal tersebut.

Selain itu mahasiswa juga were divided into several groups dan lalu diminta untuk mempresentasikan 1 topik yang berhubungan erat dengan Interaksi Manusia Komputer. Tugas  ini cliche', tapi ga bisa dipungkiri bahwa kita dapat memperoleh banyak manfaat dari mempresentasikan suatu tugas. It demands us to know the topic really well and trains us the ability of public speaking.

Lalu, ada 1 main project yang harus dikumpul di akhir pertemuan kuliah ke-12, yaitu mahasiswa diminta untuk membuat 1 web online shop. Project ini cetar membahana sekali, dan menurut gw tugas macem begini yang bisa membangun mahasiswanya, karena mahasiswa bisa tahu bentuk konkret dari tujuan kuliahnya dan ga cuma sekedar tahu teori, tapi bisa tahu pengimplementasian dan prakteknya. Mahasiswa harus membuat webnya sebagus dan semenarik mungkin, tanpa mengurangi fungsi dan tujuan dari web itu sendiri. 

Dari segi proses belajar mengajarnya sendiri, menurut gw juga udah oke, karena lecturer nya (Pak David) selalu open opportunities buat studentnya kalau mau bertanya/beropini. Dari sisi cara mengajar, beliau juga jelas dalam menjelaskan tentang suatu hal, jadinya setiap waktu pulang kuliah, mahasiswa, especially myself, merasa "I don't go home with nothing.", karena gw merasa punya pengetahuan baru, sekecil apapun itu,  ketika kelas berakhir.


After all, in my humble opinion, mata kuliah Interaksi Manusia Komputer di kelas 07PAW ini was GREAT, karena gw udah bisa tahu dan belajar banyak dari kuliah ini. Thanks to God and to everyone who have helped me a lot in improving! God bless you all, good people! 



No comments:

Post a Comment