January 9, 2013

How A Touchscreen Works


Hi, people! Familiar dong ya dengan layar pintar yang disentuh-sentuh, terus dia bisa ngerespon sesuai sama sentuhan kita, known as touchscreen (layar sentuh). Sudah banyaaaaak banget peralatan dan gadget-gadget yang menggunakan teknologi touchscreen ini. 

Berawal dari rasa salut sama kepinteran touchscreen, lama-lama jadi penasaran deh sama gimana sebenernya cara kerja dari touchscreen. Gimana dia bisa sangat memudahkan orang sebagai user dalam berinteraksi sama suatu sistem. Touchscreen bisa ngerespon dengan smart and good ketika layarnya kita dielus, dicubit, dipejet, ditoel-toel, dibanting, dibakar..ehhh?

Based on Uncle Wiki, katanya, layar sentuh (touchscreen) adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi. 

Secara sederhana, cara kerja sebuah layar sentuh adalah menerjemahkan sentuhan yang diterima pada permukaan layar menjadi posisi koordinat pada layar, kemudian mengeksekusi perintah tertentu yang sesuai dengan gambar yang disentuh pada layar. Sebenarnya bukan gambar tersebut yang memicu eksekusi perintah, tetapi koordinat dari sentuhanlah yang memicu eksekusi perintah. Jadi kira-kira logikanya seperti ini : "Jika koordinat = (x,y) maka kerjakan perintah X".

Sebuah sistem layar sentuh terdiri atas tiga komponen dasar :
- Panel sensor layar sentuh : terletak di lapisan luar tampilan dan menimbulkan aliran listrik tertentu tergantung di mana terdapat   sentuhan
- Pengontrol layar sentuh : melakukan pemrosesan sinyal yang diterima dari panel sensor, kemudian menerjemahkannya ke dalam data sentuhan yang disalurkan kepada prosesor komputer
- Driver perangkat halus : menerjemahkan data menjadi gerakan tetikus, memungkinkan panel sensor untuk berfungsi layaknya tetikus, dan menyediakan antarmuka pada sistem operasi komputer

Layar sentuh mempunyai beberapa tipe yang didasarkan pada perbedaan cara mendeteksi sentuhan dan metode yang digunakan dalam memproses input sentuhan. 

Berikut beberapa tipe touchscreen : 
- Resistive overlay
- Capacitive overlay
- Surface acoustic wave
- Guided acoustic wave
- Scanning infrared
- Near field imaging (NFI)

No comments:

Post a Comment