January 9, 2013

Uniquely 2013

HAPPY NEW YEAR, everyoneeee!!

May in this 2013, we always be filled with spirit, love, and joy! ^^ 
Well, what did you do on the beginning of 2013, people? Whatever it was, I pray you all a great and wonderful time. 

Okay, tahun baru memang identik dengan perayaan kembang api, terompet, tukar kado, barbeque-an, and so on. Tapi ternyata, di beberapa belahan dunia, ada juga lho perayaan tahun baru yang lain dari yang lain. Penasaran? Yuk mari-mari merapat :)

1. Italia

Salah satu kota di Italia tepatnya di Naples mempunyai tradisi unik tahun baru yakni kebiasaan untuk melemparkan barang-barang yang sudah usang atau nggak kepakai lagi ke luar jendela tepat pada pukul 24:00 di tanggal 1 Januari. 
Jadi, jika anda berjalan-jalan di Naples besok paginya, jangan heran menemukan banyak peralatan dapur, lemari es & barang-barang rongsokan tersebar di jalanan.




2. Spanyol
Tradisi unik perayaaan tahun baru di spanyol yakni tepat tengah malam di tanggal 31 Desember, orang-orang Spanyol biasanya makan anggur dan berdoa. Jumlah anggur yang dimakan cuma 12 buah, dengan maksud untuk 12 harapan pada setiap 12 bulan di tahun yang baru. 


3. Denmark
Warga Denmark punya tradisi merayakan Tahun Baru dengan cara memecahkan piring. Mereka melakukan itu dengan melemparkan piring-piring ke pintu di rumah tetangga mereka. Tradisi ini sudah meluas di seantero Denmark sehingga warga pun tak ada yang mengeluh atau memarahi tetangganya.

Perayaan semacam itu dipercaya untuk mendapat keberuntungan selama setahun. Bagi keluarga paling banyak memecahkan berbagai benda pecah-belah di pintu tetangga, merekalah yang dipercaya paling banyak mendapat keberuntungan.


4. Filipina
Perayaan malam tahun baru di Filipina dimeriahkan dengan penggunaan berbagai pernak-pernik berbentuk bulat. Penduduk Filipina akan berlomba dan berusaha menggunakan lebih banyak pernik berbentuk bulat pada malam pergantian tahun.

Topi bulat dan baju dengan motif polkadot akan mereka gunakan untuk menyambut tahun baru. Koin-koin pun akan dikumpulkan. Tak hanya itu, buah-buah berbentuk bulat pun akan disiapkan dalam sebuah keranjang khusus.

Tradisi yang dianut oleh warga Filipina tak jauh berbeda dengan bangsa Spanyol. Mereka akan memakan 12 anggur pada saat pergantian tahun. Banyaknya benda berbentuk bulat di negara ini diyakini sebagai perwujudan kesejahteraan, kemakmuran, dan kekayaan yang akan menyelimuti mereka selama satu tahun ke depan.


5. Brazil
Perayaan unik ini biasanya tidak hanya berlaku di Brazil, tapi juga hingga Bolivia dan Mexico. Penduduk Amerika Latin percaya, dengan mengenakan pakaian dalam warna-warni saat malam tahun baru akan membuat nasib baik menghampiri mereka sepanjang tahun.


Biasanya mereka mengenakan pakaian dalam dengan warna-warna menyala seperti merah atau kuning. Warna merah melambangkan kehidupan penuh cinta bakal terus menghampiri. Sementara warna kuning untuk meraih kemakmuran lebih mudah.


Have a great super fantastic year ahead, good people! Let's be excited to see God's work this year! God bless..

No comments:

Post a Comment