January 10, 2013

Tips For A Good Web Design

Jaman sekarang, perkembangan web udah maju banget. Web banyak dipakai buat macam-macam kegunaan, ada yang buat jualan, ada yang buat sharing informasi, ada yang buat main game, ada yang buat kepentingan entertainment misalnya nonton video, dan lain-lain. Jadi, sebisa mungkin web sebaiknya didesain se-attractive mungkin supaya usernya juga ga bosan, dan tujuan dari web itu sendiri pun bisa tersampaikan dengan baik. 

Nah, ini ada beberapa hal yang bisa digunakan sebagai panduan buat ngedesain sebuah web yang baik :
Unik
Dalam membuat karya apapun seorang designer diharapkan mempunyai kesadaran untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain. 

Komposisi
Seorang Web Designer selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya. Dalam membangun website suatu perusahaan, Web Designer selalu menyesuaikan warna yang digunakan dengan Corporate Color perusahaan tersebut. Sebagai contoh: Telkom Corporate Color-nya adalah biru, Coca-Cola : merah dan putih, dan sebagainya. Untuk kemudian warna-warna tadi digunakan sebagai warna dominan atau sebagai elemen pendukung (garis, background, button, dsb).

Simple
Web Designer banyak yang menggunakan prinsip "Keep it Simple", hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif.

Fokus
Tentukan hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama. Hal ini akan membingungkan user/audience untuk menentukan pesan mana yang harus lebih dahulu dibaca/ dilihat. 

Konsisten
Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi. 

Beberapa tips praktis yang bisa diterapkan juga dalam mendesain sebuah web :
1. Ketahui target audience Anda
2. Buatlah halaman yang pendek, jangan terlalu panjang.
3. Masukkan daftar isi di bagian atas jika isinya memang harus panjang.
4. Jaga agar ukuran file gambar tetap kecil.
5. Gunakan warna web yang standar.
6. Jangan terlalu banyak teks, orang jarang membaca web secara keseluruhan, mereka hanya membaca sekilas.
7. Selalu cek ejaan Anda.
8. Pastikan link yang ada tidak ada yang terputus.

No comments:

Post a Comment